Mengenal Ikan Sili atau Berod

Ayo kenali ikan sili

Hallo sobat pancinger yang pertama update berkunjung ke blog ini. Apa kabarnya hari ini..? Masih belum tahu cara memancing ikan yang satu ini..?, atau masih belum cukup informasi mengenai keberadaan ikan yang satu ini. Ayo kita kenali dahulu tentang ikan yang satu ini.


Ikan sili (sunda : berod) adalah sejenis ikan predator yang cukup buas juga untuk dipancing. Sayangnya ikan yang satu ini sudah cukup langka di daerah pulau jawa ini. Akan tetapi sobat masih bisa memancing ikan ini, asalkan tahu tips dan trik memancing ikan ini.

Ikan sili ini bisa sobat jumpai di sungai-sungai besar yang aliran airnya cukup deras. Karena ikan yang satu ini menyukai pergerakkan air yang cepat. Di wilayah sungai seperti sukabumi, bogor dan cianjur kemungkinan ikan ini masih ada, hanya saja jumlahnya sedikit. Para pancinger bisa mencari info tentang seputar ikan ini.

Bentuk ikan ini agak pipih mirip sabuk, dengan deretan duri-duri di sekitar punggung sebagai senjata andalannya. Mulut ikan ini agak kerucut dan yang lebih membuat sobat terpana adalah warna motif ikan ini yang luar biasa indah seperti Batik. Ada batiknya berwarna hijau lumut, merah, ungu dan sebagainya. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang kurang lebih 1 meter. Ikan ini lebih suka mencari makan pada malam hari dan mendiami daerah yang berlumpur atau berpasir.

Habitat Ikan Sili

Ikan yang satu ini bisa hidup diberbagai jenis kondisi alam dan aliran sungai, baik air sungai yang berwarna jernih, agak kehijauan maupun agak kuning hampir kecoklat. Bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh perhatikan contoh gambar berikut ini : 

 Habitat ikan di arus deras

Ikan ini pula bisa hidup di aliran sungai yang airnya berwarna kehijauan. Warna air bisa seperti ini bisa disebabkan 2 faktor, yaitu karena musim kemarau yang panjang hingga kondisi air agak hijau. Yang kedua dikarenakan dasar sungai ini banyak mengandung pasir. Perhatikan gambar di bawah ini : 

Air sungai kehijauan

Habitat ikan sili juga terdapat pada sungai-sungai yang airnya berwarna agak kuning kecoklatan. Warna air sungai bisa seperti ini disebabkan banyak faktor, salah satunya yaitu bercampur dengan aliran pembuangan air sawah. Bisa pula karena terdapat banyak lumpur di aliran sungai ini. Perhatikan gambar berikut : 

Air sungai agak kuning kecoklatan

Harga Ikan Sili

Ikan ini tergolong salah satu ikan yang cerdas sehingga mereka bisa cepat belajar dan mampu mengenali pemiliknya jika dipelihara dalam aquarium. sifat ikan ini menarik dan harganya yang menggiurkan di pasaran harga per ekor kurang lebih Rp150.000. Ikan ini juga bisa dibudidayakan dalam kolam pemeliharaan.

Ikan sili

Karena ikan ini memiliki keunikan pada warna batik di tubuhnya, ikan ini banyak yang menyukai terutama para komunitas ikan. Tapi sayang, ikan ini sudah sangat jarang di temui. Mungkin karena habitat ikan ini sudah mulai rusak oleh tangan-tangan manusia yang kurang bertanggung jawab. Ya semoga saja para generasi kita kedepan lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan habitat semua ikan.

Baiklah Semoga info mengenai ikan Sili ini bisa bermanfaat untuk sobat semua. Salam pancinger, semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau