Umpan Mancing Ikan Tawes

Bro sudah tahu belum umpan ikan ini..?

Hallo sobat pancinger dimanapun berada. Selamat datang dan berkunjung di blog ini. Sobat semua tentunya sudah tidak sabar ingin mengetahui umpan mancing terupdate di tahun ini.

Sebelum kita membahas umpan jitu ikan tawes, sebaiknya sobat mengetahui terlebih dahulu apa itu ikan tawes. Sebab, masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti seperti apa bentuk ikan tawes tersebut.

Ikan tawes
Ikan tawes merupakan ikan asli air tawar. Biasnya banyak ditemui di sungai sungai yang berada di wilayah air yang belum tercemar limbah industri. Hal ini bisa sobat lihat di wilayah pedesaan. Sungai di pedesaan seperti di Bogor atau Sukabumi tersebut masih dalam kondisi yang bersih, jauh dari berbagai macam polusi, tidak seperti di kota Jakarta yang air sungainya berwarna hitam.

Dalam bahasa ilmiah, ikan tawes dikenal dengan nama (barbodes gonionotus). Ikan ini memiliki tekstur yang sangat menarik seperti berkilauan perak, sehingga dalam ukuran yang kecil ataupun besar dapat dimanfaatkan untuk dimakan. Saat ikan tersebut masih dalam ukuran kecil, maka ikan tawes tersebut dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi dengan cara dikeringkan menjadi ikan asin atau pun di goreng biasa.

Jika ikan tersebut telah berumur 3-6 bulan maka ukuran ikan tersebut sudah dikatakan dewasa dan memiliki ukuran yang besar, maka ikan tawes tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, rasanya pun sangat lezat. Ikan tawes merupakan ikan asli air tawar yang banyak hidup di sungai sungai yang masih bersih maka untuk mendapatkan ikan ini bisa dilakukan dengan cara memancing.

Variasi umpan

Para pemancing pasti akan selalu bereksperimen tentang segala jenis umpan ikan yang satu ini. Baik dari umpan alami, racikan maupun umpan tiruan. Hal ini menjadi kabar gembira bagi para pancinger, karena bisa memilih berbagai jenis umpan yang cocok dengan kondisi air.

Di bawah ini beberapa jenis umpan variasi yang bisa menjadi alternatif sobat pancinger semua di antaranya yaitu :


Tempe


Tempe + kunyit
Biasanya pemancing menggunakan umpan tempe yang sudah dihaluskan dengan dicampur sedikit kunyit, kacang tanah dan roti tawar menjadi satu adonan yang kalis.

Lumut


Lumut sawah
Lumut yang banyak dijumpai di bebatuan yang ada di sungai maupun di sawah ternyata bisa dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan tawes. Hal tersebut dikarenakan ikan tawes merupakan ikan yang sangat gemar memakan lumut lumut yang berada di bebatuan sungai.

Laron


Laron
Jika sobat kebetulan di rumah bertemu laron, maka laron bisa juga di gunakan untuk mancing ikan tawes. Cukup dipasang dikail dan langsung lemparkan pancingan kedalam sungai. Adanya laron biasanya ketika selesai hujan di sore hari dan malamnya akan ada laron yang berkumpul di cahaya lampu.

Udang

Udang

Udang adalah salah satu umpan terfavorit ikan ini. Aromanya yang khas dapat menggugah selera makan ikan ini. Udang ini biasa digunakan dengan cara kulit udang dikupas terlebih dahulu, baru dikaitkan ke kail pancing.


Cacing merah


Cacing merah
Sama halnya dengan ikan-ikan yang lain, ikan tawes juga menyukai cacing. Sehingga, memancing dengan menggunakan umpan cacing juga dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cacing yang biasa di gunakan adalah cacing merah. Cacing jenis ini biasanya bermukim di tempat sampai maupun di selokan yang lembab.


Umpan tiruan

Umpan tiruan
Pada saat sekarang ini umpan-umpan tiruan sangat banyak bertebaran dan memiliki variasi. Dari yang berbentuk ikan, katak, serangga, udang lain sebagainya. Sobat juga bisa menggunakan umpan tiruan untuk memancing ikan yang satu ini.

Baiklah semoga tips umpan ikan tawes ini bisa sobat terapkan dalam memancing. Salam dan semoga sukses..!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau