Umpan Mancing Belut

Ayo Cari Tahu Umpan Belut

Hallo sobat pancinger semua, selamat datang dan berkunjung di blog joranaki. Jika sobat sedang mencari umpan belut, sobat semua sudah tepat berkunjung kesini.


Belut adalah jenis ikan yang hidupnya di daerah yang berlumpur dan masih basah seperti sawah atau rawa-rawa,  dan mereka hidup dengan cara membuat lubang yang dijadikan sebagai tempat tinggal belut. Belut akan keluar mencari makan pada malam hari, ketika matahari telah tenggelam dan suasana sudah gelap. Jika siang hari sangat jarang belut yang keluar dari sarang.

Ikan ini juga sangat terkenal di kalangan masyarakat karena selain rasanya enak, gizi yang terkandungan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Sehingga ikan ini adalah salah satu ikan terfavorit di wilayah yang banyak sawahnya. 

Di pulau jawa sendiri mancing belut ini biasanya menggunakan cara tradisional, seperti menggunakan kail, benang dan umpan, tidak menggunakan joran.

Ikan ini sangat sulit ditangkap jika menggunakan tangan saja, karena seluruh tubuhnya sangat licin. Kelebihan belut tidak memiliki sisik yang menyebabkan sukar di tangkap dengan tangan, kecuali sobat sudah memahami trik menangkap belut. Sebagian besar orang menangkapnya dengan cara memancing, karena metode ini dianggap yang paling mudah. Belut biasanya bersembunyi di dalam lubangnya pada siang hari jadi tinggal cari lubangnya kemudian dikasih umpan tunggu sampai belut tersebut memakan umpannya.

Bagi sobat yang ingin mencoba memancing ikan ini namun pusing mencari umpan yang bisa digunakan, berikut akan saya bagikan beberapa jenis umpan yang biasa di gunakan oleh para pemancing belut.

1. Menggunakan anak katak


Jika sobat berencana ingin pergi memancing belut yang pertama harus sobat cari adalah percil (katak kecil), cari beberapa anak katak secukupnya antara 10-15 ekor, kemudian sobat simpan dalam botol plastik minuman. Cara menggunakannya cukuplah mudah, tinggal mengkaitkan satu anak katak tersebut pada mata kail, kemudian memasukkannya ke dalam lubang belut sambil di putar (dikilik). Lakukan cara ini sampai umpan masuk kedalam lubang dan terjadi strike.

2. Menggunakan siput/keong sawah


Siput atau keong sawah biasanya mudah sobat cari di sawah atau pun disungai. Cara menggunakannya ambil isi siput dan dikaitkan pada mata pancing kemudian memasukkannya ke dalam lubang belut. Tehnik memancingnya sama seperti di atas.

3. Menggunakan telur



Sobat pancinger juga bisa menggunakan telur yang masih mentah. Cara menggunakannya ambil 1 butir telur ayam dan 1 butir telur bebek, lalu pecahkan telur tersebut dan masukkan kedalam botol plastik. Lilitkan kapas pada mata kail sobat, lalu celupkan pada telur tadi. Kemudian masukkan pancingan sobat kedalam lubang belut. Tehnik mancingnya sama seperti cara diatas.

4. Menggunakan udang kecil


Udang kecil juga dapat digunakan sebagai umpan belut. Sobat bisa mendapatkan udang kecil dengan cara menggunakan serokan atau membeli di penjual udang.

5. Cacing


Seperti biasanya, selain memancing ikan dengan cacing, belut juga bisa dipancing dengan cacing. Gunakan Cacing Merah atau Cacing Susu sebagai umpan.

Apabila Smartphone anda bagus dalam mengambil gambar dan vidio, bisa sekalian mengabadikan mancing belut pertama anda. Bisa menjadi moment terbaik bagi anda.

Baiklah sobat pancinger semua, itulah beberapa jenis umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan belut, silahkan sobat mencobanya dan membuktikan sendiri keampuhannya. Jika berhasil silahkan berbagi pengalaman disini.

Selamat memancing dan semoga sukses..!

Komentar

  1. Wowm jadi umpan untuk memancing belut perlu umpan yasng tepat. Tapi di daerah saya tak ada belut. hehe

    BalasHapus
  2. @Lisa Nel
    He..he..
    Kalau susah cari belut, mungkin di pasar ada

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon maaf jangan memasukan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau