Tips Mancing ikan paray

Hallo sobat pancinger dimanapun berada, kali ini admin akan berbagi mengenai Tips memancing ikan paray (jawa : wader). Sebelum kita mengetahui tips mancing ikan ini, ada baiknya terlebih dahulu kita mempelajari seluk-beluk ikan ini. Agar kegiatan mancing bisa lebih seru dan menyenangkan.


Ikan paray adalah salah satu jenis ikan air tawar yang bisa sobat jumpai di sungai-sungai yang aliran airnya jalan. Biasanya tempat favorit ikan ini di aliran air yang cukup deras dan berbatu. Ikan ini juga salah satu ikan yang memakan segala umpan. Cukup mudah bukan untuk mencari umpan ikan ini..?

Umpan ikan paray

Biasanya para pemancing menggunakan umpan cacing merah untuk mendapatkan ikan ini. Sobat pemancing juga bisa menggunakan cacing yang berada di dalam pohon pisang yang sudah busuk. Karena sepengalaman admin pernah pula menggunakan cacing dari pohon pisang yang telah busuk.

Sobat pancinger juga bisa menggunakan umpan laron untuk memancing ikan ini. Karena umpan laron salah satu umpan terfavorit untuk ikan ini. Akan tetapi mendapatkan laron cukup sulit, karena biasanya laron baru bisa di dapat jika sehabis hujan di siang hari, maka pada saat malam laron baru akan muncul jika suasana malam yang hangat.

Jika umpan laron sulit di dapat, sobat pancinger juga bisa menggunakan kroto untuk memancing ikan ini. Kroto adalah telur semut merah (rangrang) yang biasa digunakan pula untuk pakan burung-burung peliharaan.

Jika kroto juga sulit ditemui, sobat bisa pula memancing ikan ini dengan umpan racikan yang terbuat dari pelet atau tempe.

Ikan paray ini memiliki bentuk tubuh yang ramping. Bentuk ikan ini panjang dengan ukuran panjang kira-kira 5-7 cm dengan lebar 1-2 cm dan tebal kira-kira 1 cm. Warna ikan ini dari admin yang pernah lihat ada 3 jenis, yaitu perak mengkilat, Emas dan agak biru.

Mungkin dari sobat belum banyak mengetahui jika ikan ini memiliki banyak variasi, tergantung dari lokasi mancing dan kondisi air.

Peralatan mancing

Persiapan mancing ikan ini diperlukan joran yang lentur, agar sensasi tarikan ikan ini dapat terasa sampai ketangan sobat. Sobat bisa menggunakan joran teggek atau pun joran yang terbuat dari fiber maupun bambu. Karena sarat utamanya adalah tipis dan lentur.

Untuk benang mancing ikan ini usahakan ukurannya yang tipis. Sobat bisa memakai ukuran dari 0,18 mm-0,20 mm. Untuk benang bebas merk apa pun yang terpenting tidak mudah putus. Usahakan benang yang warnanya bening, agar lebih terlihat natural ketika masuk kedalam air.

Untuk mata pancing sobat bisa menggunakan merk apa pun, yang penting ukurannya kecil kira-kira 0,5-1. Untuk lebih jelas perhatikan ukuran kail pancing ketika membeli di toko pancing. Untuk warna kail bebas, boleh warna hitam, perak, emas maupun biru.

Biasanya admin menggunakan kail yang berwarna hitam dan biru sebagai kail pembawa hoki. Bagaimana dengan Anda, apakah percaya warna bisa membawa keberuntungan mendapatkan ikan ?

Baiklah sobat semoga tips kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca yang ingin merasakan sensasi strike dari ikan paray ini. semoga sukses dan selamat memancing.

Komentar

  1. Ikan paray, kalau di daerah saya di Sumedang disebut ikan beunteur. Kalau saya mancingnya pake umpan racikan, kue krispy atau kue klik ditambah kuning telur bebek.

    BalasHapus
  2. @Putra Aquarius
    Beda nama tapi satu ikan ya..
    Boleh juga racikannya..he..he..

    BalasHapus
  3. Om ada ngga tips jitu mancing ikan Lalawak?

    BalasHapus
  4. @Putra Aquarius
    Lalawak..? Jenis ikan apa itu ?
    Adakah ciri-cirinya..?

    BalasHapus
  5. @Putra Aquarius
    Lalawak..? Jenis ikan apa itu ?
    Adakah ciri-cirinya..?

    BalasHapus
  6. Ikan lalawak atau disebut juga ikan balar,wujudnya persis tawes. Perbedaannya,lalawak siripnya berwarna kemerahan begitupula ekornya dan sebagian matanya brwarna kemerahan. Dan sisiknya llebih kecil dari tawes. Dia hidup di sungai berarus deras.

    BalasHapus
  7. @Putra Aquarius
    Oh itu, kalau disini namanya ikan tawes bulan atau bulan-bulan.
    Tenang bro.. Nanti saya share umpan jitunya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon maaf jangan memasukan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau