Umpan Mancing Ikan Baung

Ikan baung adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini biasa sering kita jumpai di sungai-sungai yang berair agak kuning. Ikan ini adalah salah satu jenis pemakan segalanya termasuk bangkai. Apa pun yang ada di depan ikan ini akan dimakan asal berbau amis.


Ada banyak sekali umpan yang dapat digunakan untuk memancing ikan baung. Baik itu umpan yang dari alam sendiri seperti cacing, jangkrik,ulat pisang dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan umpan buatan yang terbuat dari fermentasi daging ikan yang di pendam selama kurang lebih 2 pekan, akan tetapi saya tidak menyarankan karena umpan yang satu ini sangat menyengat pada penciuman.

Berikut ini merupakan 3 umpan ikan baung yang dinilai sangat ampuh untuk menarik mangsa. Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa ikan baung merupakan ikan yang masih termasuk dalam famili ikan lele. Hal tersebut dikarenakan kedua ikan tersebut sama sama memiliki persamaan pada bagian kumis.

Ikan baung dan ikan lele merupakan ikan yang memiliki bentuk fisik dan kebiasaan yang agak mirip. Keduanya hidup di air tawar dan gemar berada di tempat tempat yang memiliki bau yang menyengkat. Kondisi fisiknya pun agak mirip, hanya berbeda pada bagian punggungnya yang terdapat patil diatasnya.

Ikan baung ini jika dikonsumsi rasanya juga hampir sama dengan ikan lele. Sehingga, bisa dibayangkan rasanya yang begitu lezat. Sebenarnya cara untuk menangkap ikan baung ini lebih mudah dilakukan dengan cara menjaring, bukan memancing. Namun, bukan berarti ikan baung tidak bisa dipancing. Kebanyakan dari kita lebih memilih untuk di pancing, karena disamping ada sensasi tarikannya juga bisa berguna untuk hiburan di waktu libur bekerja.

Berikut ini ada 3 umpan ikan baung yang biasa sering di gunakan oleh para pemancing yaitu :

Usus ayam

Salah satu umpan yang cukup ampuh untuk memancing ikan baung adalah usus ayam. Hal tersebut dikarenakan usus ayam memiliki aroma yang sangat menyengat bagi ikan baung tersebut. Sehingga, dengan menggunakan usus ayam mentah saja sebenarnya ikan baung sudah dapat dipancing. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka usus ayam tersebut harus diolah terlebih dahulu dengan berbagai bahan campuran  seperti kuning telur bebek, lemak sapi atau kambing, sehingga terciptalah umpan ikan baung yang benar benar menggoda dan beraroma amis.

Pelet udang

Pelet udang juga bisa digunakan untuk memancing ikan baung dengan hasil yang memuaskan. Hal tersebut dikarenakan ikan baung merupakan jenis ikan yang juga sangat menggemari berbagai macam pelet, terutama pelet udang. Namun, seperti umpan usus, umpan pelet udang ini sebaiknya juga dioleh dengan berbagai campuran bahan seperti  kuning telur bebek dan terasi supaya dapat semakin memikat ikan baung.

Cacing tanah

Cacing tanah dapat sobat cari di area yang lembab, contohnya tempat sampah, dipinggiran selokan dan sebagainya. Cacing memang menjadi umpan dari segala jenis ikan. Selain memang menjadi kegemaran semua ikan, cacing juga cukup mudah untuk didapatkan, dan tak perlu diolah dengan campuran lain sudah sangat ampuh untuk menarik ikan dibandingkan dengan 3 umpan ikan baung diatas.

Baiklah sobat pancinger semoga umpan-umpan diatas bisa menjadi solusi kegiatan mancing pada waktu longgar Anda. Jangan lupa membawa Handycam dan Smartphone anda untuk mengabadikan moment terbaik.

Komentar

  1. waduh pak saya lebih hoby mancing ikan dipasar hehe

    BalasHapus
  2. @maya
    He..he.. Itu cara yang paling mudah

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon maaf jangan memasukan link hidup

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau