Peralatan Tempur Mancing Udang Galah

Sobat pancinger ketemu lagi di blog ini. Kali ini admin akan membahas mengenai beberapa persiapan alat tempur mancing udang galah. Bila peralatan belum lengkap rasanya kurang asyik untuk menangkap udang yang satu ini.

Udang Galah

Bagi para pemancing  harap tahu bahwa kita juga bisa memancing selain ikan, yaitu memancing udang galah. Apa anda sudah pernah merasakan sensasi udang galah! Bila belum pernah mencoba, ayo mulai dari saat ini agar anda memiliki pengalaman baru yang menarik.

Memancing udang galah diperlukan kesabaran dan tehnik yang berbeda. peralatan yang digunakan dalam memancing udang galah lebih kecil, jika dibandingkan dengan memancing ikan pada umumnya. Walaupun pada dasarnya jenis alat yang digunakan sama saja dengan cara memancing ikan. Kecuali anda memancing diluar pulau jawa seperti Kalimantan, Sulawesi maupun Papua harus menggunakan piranti kelas menengah yang lentur.

Peralatan

Dalam memancing udang ini diperlukan kesabaran, Karena pada dasarnya udang ini sifatnya sensitif dan mudah lepas jika kita kurang sabar dalam menariknya. Peralatan apa sajakah yang digunakan untuk memancing udang galah ini..?  Mari simak tips dibawah ini.

1. Joran

Joran yang digunakan harus memiliki kelenturan yang sangat lentur dan tipis, panjangnya kira-kira 80-200 Cm, tergantung selera masing-masing. karena akan memudahkan saat menarik udang galah saat memakan umpan. Menggunakan joran tipis  gunanya agar sensasi tarikan ikan  bisa terasa sampai ke tangan. Sobat bisa menggunakan joran fiber yang lentur.

2. Senar atau Tali Pancing

Sobat bisa menggunakan senar pancing yang kecil dengan ukuran 0,18-0,20 lbs. Jika kurang jelas sobat bisa lihat ukuran senar pancing di toko pancing. Jika terlalu besar udang jarang memakan umpan kita. Dan satu hal yang penting untuk bagian ujung kail gunakan benang PE kurang lebih satu jengkal agar tidak mudah putus bila terkena capit udang.

3. Timah atau Pemberat

Untuk ukuran timah sesuaikan dengan keadaan air. Jika arus besar gunakan timah besar dan jika air tenang gunakan timah kecil. Karena timah berfungsi untuk menstabilkan umpan agar tidak terbawa arus.

4. Tas Pancing

Tas pancing jangan sampai tertinggal, karena bisa menyimpan apa pun yang diperlukan. Seperti suku cadang kail, timah, benang, tang jepit, pelampung. Anda juga bisa memasukan beberapa snack dan kopi yang digunakan untuk bekal mancing.

Untuk memancing udang galah, umpan yang digunakan bisa memakai cacing susu. Atau sobat bisa juga menggunakan udang kecil atau udang rebon yang masih segar dan hidup.

Sedangkan untuk membuat udang ini berkumpul diperlukan bom yang terbuat dari kelapa yang dibakar, atau menggunakan sarden yang dilubangi pada kaleng nya dan ditaruh di pinggir sungai. Cara ini ampuh untuk mengumpulkan udang Galah pada satu lokasi.

Demikianlah sobat pancinger semua semoga tips mancing udang ini bisa mudah dipahami oleh sobat semua. Apabila ada yang ingin bertanya silahkan dikolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau