Umpan Mancing Ikan Betok

Ikan betok adalah sejenis ikan air tawar yang biasa hidup didaerah sawah, rawa, danau maupun sungai. Ikan jenis ini sangat banyak dijumpai disawah karena sangat cocok dengan habitatnya.

Ikan betok memiliki ciri-ciri bersisik kasar, dibagian atas memiliki deretan duri sebagai senjata kerika dalam kondisi terancam. Karena ikan gabus sebagai Sang predator sendiri tidak akan berani memangsa ikan betok ini.

Ikan Betok

Ikan jenis ini jika masih berusia 1-2 bulan dinamakan ikan betik, jika sudah dewasa ikan ini dinamakan betok. Tubuh ikan ini memiliki panjang kurang lebih 15 cm untuk ukuran dewasa. Warna ikan ini beragam ada yang berwarna hijau lumut, hijau toska, agak kuning tergantung habitat dan kondisi air ditempat tersebut.

Ikan ini termasuk ikan pemakan segala. Artinya ikan ini tidak pilih-pilih makanan, asal cukup untuk mulutnya maka ia akan makan. Kehidupan ikan ini biasanya pada kedalaman 0,5-2 meter saja. Karena ikan ini tidak menyukai kedalaman dan lebih menyukai diair yang dangkal.

Ikan betok biasanya menyukai habitat yang berlumpur dan ditumbuhi tanaman eceng gondok. Ikan ini lebih sering berkumpul dibawah tanaman eceng gondok. Karena eceng gondok memiliki akar-akar halus yang bisa menjadi tempat berlindung ikan ini. Ikan ini salah satu jenis ikan yang berjalan diatas permukaan tanah dengan bantuan kedua insangnya.

Apabila anda ingin memancing ikan ini, sebaiknya anda mempersiapkan peralatan pancing yang standar saja. Alat pancingnya sebagai berikut :

1. Joran tegek
2. Kail
3. Pelampung
4. Benang pancing
5. Timah gepeng

Untuk joran usahakan yang tipis saja karena jika tipis maka tarikan ikan ini akan sangat terasa. Gunakan joran yang memiliki panjang 1.5 meter saja. Boleh berjenis fiber lentur atau menggunakan joran bambu.

Untuk kail biasanya pergunakan ukuran kecil dari mulai 0,5-2. Pastikan ukuran kail anda lihat pada saat membeli. Karena mulut ikan ini kecil jadi, ukuran kail harus disesuaikan. Boleh menggunakan kail berwarna hitam atau biru.

Siapkan pelampung yang kecil saja, serasikan pelampung dengan benang yang akan kita pakai. Boleh menggunakan pelampung bulat atau panjang asalkan kecil.

Untuk benang pancing gunakan ukuran antara 0,10-0,15 lbs. Lihat pada ukuran benang jangan terlalu besar karena ikan bisa takut. Pergunakan warna bening pada benang yang akan digunakan.

Bawa timah gepeng untuk memberi keseimbangan pada pelampung yang akan kita gunakan. Jika menggunakan pelampung panjang, memberikan timah sangat baik agar pelampung bisa berdiri tegak diatas air.

Setelah semua peralatan pancing terpenuhi dengan baik. Maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis umpan yang ampuh untuk digunakan. Berikut ini beberapa umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan betok.

Umpan Ampuh Ikan Betok

1. Cacing merah
Anda bisa mencari cacing merah pada tempat-tempat pembuangan sampah atau pada pohon pisang yang sudah mulai membusuk.

2. Udang Kupas
Udang sangat mudah dicari, anda bisa mencari dengan menggunakan jebakan udang atau membeli pada penjual udang.

3. Ulat Bambu
Ulat bambu atau cangcilung sangat jarang ditemui. Dan biasanya dijual dalam jumlah terbatas. Cangcilung merupakan umpan favorit ikan ini.

4. Kroto
Kroto atau telur semut rangrang juga termasuk umpan ampuh memancing ikan betok. Anda bisa mendapatkan kroto dengan mencari atau membeli pada penjual kroto.

Itulah beberapa jenis umpan yang bisa anda gunakan untuk memancing ikan yang satu ini. Selamat memancing dan semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau