Liburan Nyepi Strike Ikan Dibagan Tanjung Kait

Mengisi waktu libur memang bisa melakukan kegiatan apa pun. Tapi libur ketika hari nyepi kemarin admin diajak oleh adik ipar untuk melakukan pemanasan dilaut.

Wah, sungguh kebetulan sekali. Di sela-sela jadwal yang padat terkadang mengisi liburan itu penting juga, agar urat saraf pada kepala menjadi rilex.

Laut Tanjung Kait

Libur nyepi kemarin kita mengadakan kegiatan memancing dibagan yang letaknya diwilayah Tanjung kait-Tangerang.

Kita bertiga berangkat dengan menggunakan dua buah sepeda motor tepat jam 04.00 pagi. Semua alat pancing sudah kita setting dari semalam.

Sebelum berangkat ketempat yang dituju, tak lupa kita persiapkan untuk sarapan pagi dibagan. Karena jika tidak membawa perbekalan makanan untuk dibagan maka anda akan sedikit kebingungan mencari makanan. Karena dilaut tidak ada ojek online seperti gojek maupun grab yang ketika didarat bisa melayani pesanan makanan direstoran yang kita suka. 😂

Jadi, pesan admin siapkan semua perbekalan makanan sebelum berangkat menuju bagan dilaut. Ups..! Sampai lupa, pasti dari anda semua belum ada yang paham tentang bagan?

Bagan adalah sebuah tempat mancing yang terbuat dari bambu-bambu yang dirangkai menjadi sebuah rumah kecil atau gubuk. Untuk lebih jelas lagi perhatikan gambar dibawah ini!

Bagan Tanjung Kait

Di tengah perjalanan menuju orang yang memiliki bagan, kita sempatkan mampir dahulu ketempat si penjual udang. Udang ini kita akan jadikan sebagai umpan mancing. Dan udang yang akan kita gunakan adalah udang tambak. Untuk harga udang tambak kemarin 1kg dikenakan Rp.80.000.

Umpan mancing dibagan bisa menggunakan beberapa jenis seperti cacing lure, cumi, udang maupun umpan tiruan. Tapi agak tidak ribet, cukup membeli udang saja praktis dan sesuai dengan isi dompet he..he 😂

Umpan udang

Tepat pukul 05.00 pagi, kita tiba dirumah Sang pemilik bagan dan ternyata sudah siap mengantar kita kebagan miliknya. Tapi, kita putuskan untuk bersantai sejenak sambil menikmati secangkir kopi untuk menghangatkan tubuh.

Tepat pukul 05.30 kita meluncur menuju bagan. Dengan menggunakan sebuah perahu tongkang berwarna biru kita melaju menuju bagan. Hanya memerlukan waktu 10 menit kita telah sampai menuju bagan. Dan bagan yang kita gunakan adalah bagan ke 13.

Setiba diatas bagan kita mulai mempersiapkan alat pancing yang akan kita gunakan untuk menangkap ikan. Dan yang tidak boleh kita lupakan yaitu meminjam termos pada pemilik bagan yang berisi air panas untuk perbekalan ngopi sampai sore diatas bagan 😂

Tak menunggu beberapa lama strike ikan pun dimulai. Kali ini kail pancing yang dilempar jauh mulai dibawa ikan kekanan dan kekiri. Dengan penuh ketenangan menarik joran pancing akhirnya ikan Kuro tersebut dapat ditaklukan dan mendarat selamat diatas bagan 😅

Mr Ajat dan ikan kuro

Strike kedua terjadi dibawah bagan. Karena dibawah bagan juga merupakan tempat yang cukup potensial untuk memancing ikan. Kali ini yang berhasil ditarik adal seekor ikan kerapu macan yang cukup besar.

Wow yang pasti cukup membuat anda tergiur untuk merasakan sensasi strike diatas bagan! Ikan kerapu merupakan ikan mahal apabila sudah sampai kerestoran dan menjadi sebuah menu spesial. Dan beruntungnya kami bisa merasakan sensasi strike ikan kerapu ini.

Ikan kerapu macan

Dan selang beberapa menit terjadi lagi pertarungan dibawah bagan. Sepertinya hari ini hari keberuntungan memancing. Dua sekaligus ikan ekor kuning ditarik admin he..he.. 😅

Hari yang cukup melelahkan, karena cukup capek menarik ikan, akhirnya jam 10.00 kita putuskan untuk sarapan pagi sambil menikmati secangkir kopi dahulu. Kalau biasa orang mengatakan Coffee break dahulu mas bro..!

Coffee break kita lakukan karena terjadinya demo didalam perut dilakukan oleh komunitas cacing yang sudah sejak tadi kelaparan 😂 ! Jadi jika suatu saat hal serupa pada anda sebaiknya lakukan break sebentar, agar tidak terjadi demo yang berkepanjangan 😅

Strike berikutnya terjadi pukul 13.00 siang hari. Kondisi yang sangat panas sekali, untungnya diatas bagan ada tempat berteduh yang terbuat dari anyaman daun kelapa. Sungguh beruntung sekali bisa menikmati mancing dibagan dengan pemandangan laut yang masih asri ini.

Kondisi air ketika siang menjadi sedikit keruh, mungkin karena perubahan angin yang mulai berhembus dengan kencang. Ternyata air laut pun terus beriak dan membentuk gelombang dan ombak yang cukup besar. Tapi semua kondisi tersebut masih dapat dikendalikan.

Ikan Sumbilang

Seekor ikan Sumbilang besar pun berhasil ditaklukan dan berhasil mendarat diatas bagan. Dan tentunya menambah pendapatan ikan hari ini.

Demikianlah sedikit pengalaman mancing diwilayah Tanjung kait Tangerang. Dan semoga bisa memotivasi anda agar merasakan sensasi strike diatas bagan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Suka Duka Mancing Di Bagan

Umpan Mancing Patin Danau