Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas ?

Terkadang di dalam hati pasti bertanya butuh berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur ikan tersebut. Pertanyaan ini yang sering ditanyakan oleh para pemula saat baru pertama kali melakukan pemijahkan ikan cupang.

Ikan cupang memijah baik itu ikan cupang Bubble Nest Breed (jenis ikan cupang yang menyimpan telur di sarang gelembung) atau Mouth Brooder (jenis ikan cupang yang menyimpan telur di mulut). Setelah proses keluarnya telur, apapun jenisnya telur ikan cupang akan membutuhkan waktu yang sama untuk menetas.



Saat proses pemijahan sukses, telur ikan cupang akan disimpan oleh ikan cupang jantan, disimpan di gelembung atau dimulut, tergantung jenisnya. Telur tersebut akan menetas dalam waktu 1–2 hari, terkadang juga sampai 3 hari. Setelah menetas pejantan akan tetap menjaga bayi ikan cupang dari serangan predator seperti cupang betina dan membantu bayi ikan cupang mendapatkan oksigen. Cupang jantan akan menjaga telur tersebut hingga 1 minggu sampai bayi atau burayak ini dapat mencari makan sendiri.

Yang harus diperhatikan dalam perkawinan ikan cupang adalah Anda harus memisahkan cupang betina dari telur dan anaknya, agar tidak dimakan oleh betina.

Untuk mengetahui telur ikan cupang akan menetas adalah dengan melihat dari dekat akan terlihat berisi ikan. Akan ada perbedaan, telur ikan yang baru keluar akan berwarna putih dan bulat namun setelah 2 - 3 hari akan terlihat bentuk ikan di dalamnya.

Yang perlu diingat adalah, pisahkan cupang betina setelah mengeluarkan telur dari tempat pemijahan, karena bila tidak telur, atau burayak yang sudah menetas akan dimakan oleh cupang betina. Biarkan cupang jantan yang melakukan perawatan siang dan malam.

Kita tidak perlu khawatir tentang telur itu, biarkan cupang jantan melakukan perawatan telur tersebut hingga menetas.

Setelah menetas cupang jantan akan tetap menjaga anaknya, membantu berenang bagi burayak yang jatuh ke dasar aquarium, atau menjaga mereka dari serangan predator.

Anda tidak dapat langsung memberi burayak makan setelah menetas karena mereka masih memiliki persediaan makanan, berupa kuning telur di perut mereka sampai 4 hari kedepan.

Sebaiknya yang perlu kita perhatikan adalah mempersiapkan wadah pemijahan yang cukup luas. Tempat pemijahan ini harus cukup besar, karena nanti akan berisi burayak cupang dan mempersiapkan air untuk tempat pemijahan,

Untuk tempat pemijahan sebaiknya yang memiliki ukuran luas, agar memudahkan kita melakukan pergantian air saat kotor, disaat burayak sudah muncul dan anda tidak sengaja memberi mereka makanan terlalu banyak sehingga air menjadi tercemar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Umpan Mancing Patin Danau

Suka Duka Mancing Di Bagan