Invasi Ikan Sapu-Sapu

 Ikan sapu-sapu atau ikan Bandaraya adalah kelompok ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam famili Loricariidae.

Namun tidak semua anggota Loricariidae merupakan sapu-sapu. Dalam perdagangan ikan internasional , ia dikenal dengan nama plecostomus atau kepanjangan dari "plecos" dan "plecs" Di Indonesia , sama analogi tetapi juga digunakan sebagai nama instrumen yang digunakan ( sapu) sementara di Malaysia orang menyebutnya "ikan Bandaraya" karena fungsinya sebagai petugas pembersih kota.



 Ikan ini sapu-sapu dapat hidup diberbagai tempat maupun dalam kondisi air yang kotor. Ikan ini bisa tumbuh sepanjang 60 cm dan menjadi lebih pendek aktif dan kurang ramah. Ikan ini pula sudah melakukan penyebaran diberbagai sungai maupun danau di Indonesia.

Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan pemakan kotoran. Ikan sapu juga memakan lendir - lendir hewan dan lumut . Ikan ini termasuk omnivora ( pemakan segalanya) tetapi biasanya menemukan sisa-sisa tumbuhan air pada malam hari . Ikan sapu-sapu memiliki 2 alat pernafasan . 

Pertama alat adalah insang digunakan sebagai alat pernapasan ikan sapu-sapu saat berada di air jernih. Insang ikan merupakan organ respirasi utama yang bekerja dengan mekanisme difusi permukaan dari gas-gas respirasi (oksigen dan karbondioksida) antara darah dan air.

kedua adalah labirin. Labirin adalah respirator hewan atau air berlumpur . Karena memiliki dua alat bantu pernapasan, ikan sapu dapat hidup di air dan berlumpur. Labirin berfungsi menyimpan cadangan oksigen sehingga ikan tahan pada kondisi yang kekurangan oksigen.

Ketahanan hidup ikan yang satu ini bisa di andalkan, biarpun hidup di air yang keruh berwarna hitam seperti yang terlihat di bantaran sungai di Jakarta. Oleh karena itu, spesies ikan lain akan kalah bersaing hidup dengan ikan ini. Tidak tertutup kemungkinan bahwa telur-telur dari spesies ikan lain menjadi makanan ikan sapu-sapu.

Selain itu pula ikan sapu-sapu sudah mulai merambah ke danau-danau yang berada di pulau Jawa. Ikan jenis ini sering di dapatkan oleh para pemancing di danau. Oleh karena itu para pemancing sering mengeluh, jika mendapatkan ikan jenis ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Umpan Mancing Patin Danau

Suka Duka Mancing Di Bagan