Postingan

Memancing Membuat Otak Menjadi Segar

Gambar
Memancing merupakan sebuah seni tersendiri bagi mereka yang hobi akan melakukan aktivitas tersebut. Memancing sudah terbukti dapat mengobati kejenuhan dan berhentinya daya berpikir manusia.
Saat daya pikir otak manusia itu berhenti, maka manusia tersebut akan bertemu dengan namanya titik jenuh, setelah itu akan bertemu lagi dengan titik 'mager' ( malas gerak), dan pada akhirnya tidak ada kreativitas yang bisa di keluarkan.

Saat titik otak sudah buntu, atau tidak menemukan solusi, ada baiknya segera tengok tas pancing Anda yang sudah mulai lapuk dan berdebu. Mulailah dengan membersihkan satu persatu joran pancing Anda tersebut.
Keluarkan reel pancing, bersihkan dan minyaki dengan pelumas bagian geer dalamnya. Bersihkan semua joran pancing Anda, dan buatlah mereka mengkilap seperti baru kembali.
By the way, jangan biarkan diri kita berhenti pada satu titik, usahakan selalu bergerak walau hanya melakukan sebuah aktivitas memancing. Hal inilah yang selalu membuat saya ingin terus…

Isi Waktu Luang Dengan Memancing

Gambar
Musim yang tak menentu menyebabkan fokus kita buyar tak tentu arah. Apalagi saat ini, curah hujan yang sulit di prediksi ditambah angin yang datang secara tiba-tiba. Jika waktu saat ini di gunakan untuk memancing di laut tentu saja akan sangat berbahaya.
Kondisi alam saat ini bisa dikatakan sedang emosi, mungkin alam sudah bosan melihat tingkah laku manusia yang selalu menjarah kekayaan alam tanpa henti-hentinya.

Ditambah lagi saat ini banyak berdatangan virus import yang masuk ke negeri ini. Kita semua sangat berharap semoga saja semua musibah dan bencana alam ini cepat berlalu dan musim menjadi stabil kembali.
By the way, untuk mengisi kekosongan waktu dirumah, ada baiknya kita mengisinya dengan kegiatan memancing. Di samping dapat mengobati kejenuhan, juga bisa membuat otak Anda sedikit bergerak.
Lokasi kali ini kita coba di danau bekas galian pasir yang berada di daerah legok Tangerang. Barangkali ditempat tersebut kita bisa memperoleh ikan yang cukup untuk dimakan sore nanti.
Per…

Suka Duka Mancing Di Bagan

Gambar
Memancing ikan memang memiliki banyak sekali momen yang bisa kita dapatkan. Baik itu saat bahagia yaitu saat reel pancing kita menjerit karena ditarik ikan besar, maupun saat duka, yaitu saat pancingan kita terbujur kaku tak bergerak seperti patung.

Ada kalanya memancing itu menyenangkan dan ada kalanya memancing itu menyebalkan. Semua tergantung kondisi pikiran dan lokasi memancing yang kita gunakan saat itu. Bagi Anda yang seorang pemancing tentu paham maksud saya.

By the way, saya pernah punya pengalaman saat memancing di Bagan kala itu. Kami berdua tiba di atas Bagan pada pukul jam 8.30 malam. Semua peralatan memancing sudah siap kami pasang di tiap pinggir Bagan. Tak berapa lama ikan pun menarik pancing kami silih berganti sampai kami kewalahan.

Apakah ini yang dinamakan hoki ya, bisik saya dalam hati. Karena ini termasuk sebuah keajaiban bisa menarik ikan sampai kami kewalahan. Setiap kami melempar umpan ke laut, ikan langsung menyambar umpan kami. Maka dengan terpaksa joran ya…

Mancing Di Pinggir Laut Tanjung Pasir

Gambar
Sabtu menjadi hari kami untuk bersantai sambil memancing di pinggir laut. Udaranya yang sejuk membuat paru-paru memasuki rongga hidung terasa lebih segar. Maklum saja suasana masih menunjukkan pukul 06.00 pagi. Jadi, panas mentari yang biasanya menyengat belum muncul.

Tanjung pasir menjadi target memancing kali ini, karena menurut kabar dari beberapa teman bahwa lokasi yang akan kita kunjungi kali ini sedang musim ikan Baronang. Ikan yang berbentuk pipih dan memiliki duri di punggungnya tersebut sangat mudah untuk di pancing.

Beberapa piranti pancing ringan pun sudah kami persiapkan dari rumah. Karena untuk memancing ikan ini lebih enak menggunakan pancing tegek. Pancing tegek adalah joran pancing yang bisa di buat memanjang atau memendek sesuai dengan kebutuhan dan lokasi memancing. Dan tentunya joran laut pun kami persiapkan untuk berjaga-jaga dari tarikan ikan besar.

Pukul 06.30 kami pun memulai aktifitas mancing sambil menikmati secangkir kopi panas yang sudah kami persiapkan dar…

Mancing Udang Sungai

Gambar
Udang sungai sangat mudah ditemui di aliran sungai yang dangkal maupun yang dalam. Bentuknya paling besar kurang lebih seperti jari tengah orang dewasa. Udang ini memiliki warna dari yang berwarna jernih, agak kuning sampai kehitaman sesuai dengan kondisi air.

Memancing udang ini sangat mudah yaitu cukup menggunakan cacing merah saja. Umpan sederhana ini sangat ampun dan sudah beberapa kali admin membuktikannya, saat memancing sendiri maupun memancing bersama para sahabat.

Piranti yang digunakan untuk memancing udang ini sangat sederhana, Anda bisa menggunakan joran bambu dan membuatnya sendiri agar terlihat kreatif. Selain itu Anda bisa menggunakan senar tipis dengan ukuran 0.18-0.20 mm. Ukuran kail pancing pun sangat kecil yaitu no, 1-2. Serta tak lupa timah gepeng atau menggunakan peluru senapan mimis sebagai pemberatnya.

Tapi, jika Anda tidak terbiasa menggunakan pemberat, Anda bisa juga menggunakan pelampung sebagai tanda bahwa udang menarik umpan Anda. Gunakan pelampung dengan …

Mancing Ikan Kerapu

Gambar
Memancing ikan kerapu adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama bagi Anda yang sudah terlalu jenuh sibuk bekerja. Ikan kerapu adalah sejenis ikan air asin yang hidup di laut.

Ikan kerapu sangat mudah ditemui di perairan yang sangat dangkal, terutama jika lokasi tersebut di penuhi oleh batu karang. Karena batu karang merupakan rumah bagi ikan kerapu.

Jika Anda memiliki waktu luang untuk berlibur, cobalah sesekali Anda merasakan strike ikan ini. Karena umpan ikan ini cukup mudah untuk didapatkan yaitu dengan menggunakan udang.

Sensasi tarikan ikan ini pun dapat membuat Anda ketagihan, terutama jika Anda menggunakan teknik alam, yaitu hanya menggunakan senar dan timah, kail dan umpan udang. Teknik alam ini tidak membutuhkan joran seperti para pemancing profesional.

Memancing ikan ini lebih asyik dilakukan diatas perahu maupun diatas bagan, sesuai selera Anda. Selain itu pula ikan kerapu ini memiliki banyak variasi seperti, kerapu karang, kerapu macan maupun kerapu merah.

Rasa i…

Gagal Strike Udang Galah

Gambar
Udang galah adalah sejenis udang yang ukurannya cukup besar dengan capit berwarna biru terang. Udang galah memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari udang air tawar lainnya. Ukuran udang galah lebih besar dari udang sungai biasa. Warna capit berwarna biru menjadi ciri khas udang tersebut.

Aktifitas udang galah bisa hidup di air tawar maupun air payau. Memancing udang ini bisa dikatakan cukup mudah, apabila kita mengetahui spot dan umpan yang cocok. Udang galah ini sangat rakus dalam memakan apa pun yang berada di depannya.

Umpan udang ini sangat mudah, yaitu hanya menggunakan cacing susu. Kenapa cacing susu..? Yang pertama karena cacing susu mudah didapatkan, lalu yang kedua cacing susu dapat mengeluarkan sinar apabila di dalam air saat memancing malam hari.

Umpan sederhana ini sangat ampuh apabila kondisi air mendukung saat sungai mengalami pasang maupun surut. Memancing udang diperlukan joran yang lentur seperti fiber. Hal ini dimaksudkan agar saat menarik udang dapat terasa sensa…